Buku adalah jendela dunia. Di dalamnya, terdapat banyak informasi yang penting untuk menambah wawasan. Banyak juga orang sukses yang memanfaatkan waktu luang untuk membaca buku. Selain menambah wawasan, membaca buku juga memiliki manfaat tersendiri bagi perkembangan otak.

Melihat pentingnya buku dan kegemaran membaca, banyak orang tua yang ingin agar anaknya tumbuh dekat dengan buku. Membiasakan anak dengan buku memang harus dilakukan sejak dini.

Agar anak terbiasa dengan buku dan gemar membaca, lakukan 5 hal ini.

Bacakan Buku yang Banyak Menggunakan Ilustrasi

Jika Anda memiliki anak usia balita, bacakan untuk mereka buku-buku dengan ilustrasi. Pilih buku dengan ilustrasi yang menggunakan warna-warna yang menarik dan ceria. Ilustrasi yang ada pada gambar bisa membuat kegiatan membacakan buku menjadi lebih menyenangkan.

Orang tua dan anak bisa membuat percakapan dari gambar yang dilihat di buku tersebut. Gambar-gambar dalam buku ilustrasi juga bisa memancing imajinasi anak. Dengan begitu, perkembangan otak anak juga akan terbantu.

Membicarakan Tokoh dalam Ilustrasi

Bagi anak usia 16 hingga 24 bulan, kita bisa menanyakan beberapa hal mengenai ilustrasi yang dilihat. Misalnya ketika ada gambar kucing pada ilustrasi tersebut, kita menanyakan pada mereka “Adek lihat kucing nggak?”, “kucingnya warna apa?”, “kucingnya lagi ngapain?”.

Pengetahuan yang didapat dari pertanyaan-pertanyaan ini bisa membuat anak belajar bicara lebih cepat. Nantinya, kosakata anak akan bertambah. Pada awalnya, ia hanya mampu menggambarkan ilustrasi dengan satu kata, misalnya “kucing”. Jika orang tua rajin membacakan buku, akhirnya bisa menggambarkannya dengan kalimat yang lengkap, misalnya “kucing berwarna coklat”, yang kemudian berkembang menjadi “kucing berwarna coklat yang sedang berlari”.

Peluk Anak ketika Membacakan Cerita

Ketika anak dibacakan cerita sambil dipeluk oleh orang tuanya, anak akan merasakan kedekatan dan kenyamanan yang lebih. Inilah yang akan membuat anak merasa percaya diri dan nyaman ketika mereka diminta untuk membaca buku, walaupun tidak sedang bersama dengan orang tuanya.

Jelaskan tentang Hal-Hal di Balik Kegiatan Membaca

Membaca bukan hanya soal memahami isi dari buku. Jelaskan juga hal-hal yang mungkin kita anggap tidak penting, namun bisa menjadi informasi berarti untuk mengembangkan minat baca anak. Misalnya dengan memperkenalkan nama penulis, menceritakan pekerjaan penulis, mengajari anak cara memegang buku, mengajari anak cara membaca dari kiri ke kanan, dan menyimpan buku dengan baik. Hal-hal sederhana inilah yang kelak bisa mendekatkan anak terhadap buku.

Bacakan Buku dengan Mimik dan Nada yang menarik

Ketika membacakan buku pada anak, jangan ragu untuk menggunakan suara dan mimik wajah yang lucu. Suara-suara dan mimik wajah yang lucu tersebut mungkin tampak memalukan bagi kita. Akan tetapi, ketika anak mendengarnya, mereka akan tertawa dan bahagia, sehingga membuat mereka lebih tertarik untuk menyimak cerita yang kita bacakan. Mendengar cerita sambil melihat mimik dan suara kita juga bisa membuat anak belajar lebih banyak tentang kosakata. Mereka jadi lebih cepat berbicara dan membaca.