SETIAP Muslim tentu mengharapkan keselamatan dunia dan akhirat dari Allah SWT. Selain itu umat Islam juga menginginkan wafat dalam keadaan husnul khatimah.

Ketua Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Jakarta Timur Ustadz Asroni Al Paroya menyampaikan, tentu saja meninggal dalam keadaan husnul khatimah atau baik adalah harapan semua umat Islam, namun tetap nyawa menjadi urusan Allah SWT.

Nah, orang yang meninggal dalam keadaan baik adalah mereka yang selalu bertakwa kepadaNya, dan ini, kata Asroni, merupakan modal untuk menuju surgaNya.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

"Namun, tentu modal takwa adalah yang utama dan juga terus meningkatkan kualitas keimanan dan ibadah kita kepada Allah SWT," terang CEO Founder Santri Motivator School (SMS) itu.

Sementara itu perlu diketahui bahwa ada doa khusus agar umat Muslim meninggal dalam husnul khatimah. Seperti dikutip dari kitab Nashaihul Ibad yang ditulis oleh Syekh Nawawi Al-Bantani. Yakni, mengajarkan amalan atau wiridan untuk mendapatkan husnul khotimah. Bacaannya yaitu:

اللّهُمَّ أَكْرِمْ هٰذِهِ الْأُمَّةَ الْمُحَمَّدِيَّةَ بِجَمِيْلِ عَوَائِدِكَ فِى الدَّارَيْنِ إِكْرَامًا لِمَنْ جَعَلْتَهَا مِنْ أُمَّتِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Artinya: "Ya Allah, muliakanlah umat Nabi Muhammad dengan keindahan orang-orang yang kembali kepada-Mu di dunia dan akhirat, sebagai penghormatan-Mu kepada orang yang telah Engkau jadikan bagian dari umatnya."

Kemudian, doa selanjutnya diaca rutin tanpa waktu yang khusus. Yaitu:

يَارَبَّ كُلِّ شَيْءٍ بِقُدْرَتِكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ اِغْفِرْلِيْ كُلَّ شَيْءٍ وَلَا تَسْأَلَنِيْ عَنْ كُلِّ شَيْءٍ وَلَا تُحَاسِبْنِيْ فِى كُلِّ شَيْءٍ وَأَعْطِنِيْ كُلَّ شَيْءٍ

Artinya: "Wahai Tuhan segala sesuatu, dengan kekuasaan-Mu atas segala sesuatu, ampunilah seluruh dosaku. Janganlah Engkau menanyakan kepadaku tentang segala sesuatu. Janganlah Engkau menghisabku mengenai segala sesuatu, dan berilah aku segala sesuatu."

Redaksi Okezone menerima foto atau tulisan pembaca berupa artikel tausyiah, kajian Islam, kisah Islam, cerita hijrah, kisah mualaf, event Islam, pengalaman pribadi seputar Islam, dan lain-lain yang berkaitan dengan Muslim. Dengan catatan foto atau artikel tersebut tidak pernah dimuat media lain. Jika berminat, kirim ke redaksi.okezone@mncgroup.com, cc okezone.lifestyle2017@gmail.com.