Ramadhan merupakan bulan yang baik. Selama satu bulan itu seluruh amalam ibadah yang dilakukan oleh umat Islam akan dilipat gandakan. Selain berpuasa, ibadah wajib saat Ramadhan yakni membayar zakat fitrah.

Bila banyak ibadah yang dilipatgandakan, apakah meninggal di bulan Ramadhan memiliki keutamaan? Mungkin pertanyaan itu terbersit di benak sahabat umma.

Pendakwah asal Bandung, Ustaz Rifa Anggyana mengatakan tidak ada dalil di dalam Al-Qur'an atau hadis yang menjelaskan keutamaan meninggal di bulan Ramadhan. 

Ilustrasi. (Foto: net)

Syekh Ibnu Utsaimin r.a menjelaskan:

وكل حديث ورد في فضل الموت في يوم معين فإنه ليس بصحيح لأن الثواب على الأعمال التي تقع من العبد اختياراً.

Artinya: "Hadis-hadis yang menerangkan keutamaan meninggal di hari tertentu tidak ada yang sahih. Karena pahala seorang bergantung pada amalannya, itulah yang bisa dia usahakan."

Dalam riwayat lainnya:

من قال لا إله إلا الله ابتغاء وجه الله ختم له بها دخل الجنة، ومن صام يوماً ابتغاء وجه الله ختم له بها دخل الجنة، ومن تصدق بصدقة ابتغاء وجه الله ختم له بها دخل الجنة.

Artinya: "Siapa yang mengucapkan laa ilaha illallah, dan ia mengucapkannya ikhlas hanya mencari keridaan Allah dan ia mengakhiri hidupnya dengan itu, maka ia masuk surga."

"Siapa bersedekah dengan penuh keikhlasan, dan ia mengakhiri hidupnya dengan ibadah itu, maka ia masuk surga." (HR. Ahmad)

"Ramadhan adalah waktu yang mulia, penuh dengan keistimewaan. Oleh karena itu, seorang yang meninggal di bulan Ramadhan merupakan kabar baik dan ada tambahan rahmat untuknya jika kesehariannya dia sebagai orang yang bertakwa dan beramal saleh," kata Ustaz Rifa kepada umma melalui pesan singkat, Rabu (6/5/2020).

إذا أراد الله بعبد خيرا استعمله قيل : ما يستعمله ؟ قال : يوفّقه لعملٍ صالحٍ قبل موته

Artinya : Apabila Allah menginginkan kebaikan kepada seorang hamba, Allah akan mempekerjakannya. Apa yang dimaksud Allah mempekerjakannya ya Rasulullah? tanya para sahabat. Rasulullah SAW. menjawab, Dia dimudahkan untuk beramal salih sebelum meninggal. (HR. Ahmad)

Seperti diketahui pada Selasa (5/5/2020) dunia musik Indonesia berduka, penyanyi campursari Didi Kempot meninggal dunia.